Mengenal Kontruksi Bagian Dalam Knalpot Standar Motor

Selamat Berblanja
» Mengutamakan Kualitas dengan Harga Hemat, Berani Memberikan Garansi 100% Uang Kembali Jika tidak sesuai Pesanan«
Slider

Mengenal Kontruksi Bagian Dalam Knalpot Standar Motor

Semua masyarakat pada umumnya, pasti mengenal dengan knalpot motor? Agar sobat lapakknalpot makin pintar, kita bahas lebih detail tentang bagian knalpot standar dulu.

Knalpot motor terdiri dari beberapa bagian.

Secara garis besar knalpot bisa dibagi menjadi 2 bagian yaitu header dan silencer.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, secara teknis knalpot ini merupakan saluran pembuangan dari sisa hasil pembakaran yang terjadi di dalam mesin kendaraan bermotor. Oleh karena itu, pada umumnya knaplot ini diletakkan pada bagian belakang kedaraan, karena berisi sisa – sisa pembakaran dari ruang pembakaran pada komponen mesin motor anda tentunya. Nah sobat semua, untuk lebih jelasnya mengenai knalpot tersebut, beriktu ini penulis sajikan ulasannya secara lengkap buat sobat semua. Yuk sobat, mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Komponen Dan Fungsi Knalpot Motor

Sebelum membahas lebih dalam lagi, sebaiknya anda mengetahui komponen – kompone apa saja yang ada pada knalpot motor ya sobat. Adapun komponen penyusun dari knalpot motor tersebut beserta fungsinya adalah sebagai berikut :

  1. Header Knalpot Motor

Komponen knalpot motor yang pertama adalah header knalpot atau Link pipe atau bisa juga disebut dengan pipa penyambung atau lebih dikenal dengan leher knalpot . Adapun fungsi dari header knalpot ini adalah untuk menghubungkan antara bagian silinder dengan seluruh bagian knalpot untuk melakukan fungsi pembuangan sisa pembakaran yang terjadi saat sedang berkendara, header ini bentuknya panjang dan berlekuk mengikuti desain kendaraanya. Header atau leheran juga dijual terpisah dan umumnya setiap motor memiliki lekukan leheran yang berbeda beda jadi kalau beli motor vixion ya pake leheran vixion , jangan beli knalpot vixion tapi yang dikrim leheran motor lainya.

  1. DB Kiler/Resonator

DB Killer adalah komponen knalpot racing yang berfungsi meredam suara knalpot agar lebih kecil suaranya dan halus atau berfungsi juga mengontrol noise suara knalpot, umumnya db killer bentuknya kecil dan adal lubang lubangnya. DB singkatan dari desibel.

  1. Silencer Knalpot Motor

Komponen knalpot motor yang ketiga adalah silencer knalpot motor. Fungsi dari silencer knalpot motor yang satu ini adalah untuk mengurangi suara knalpot yang terlalu keras atau pun sebagai saringan kedua pada knlapot motor anda setelah DB Kiler atau resonator. Hampir sama fungsinya dengan komponen filter motor ya sobat, hanya saja bedanya pada objek yang dikelola.

kalau melihat dalaman silencer. Banyak sekat melingkar yang mengalirkan gas buang. “Kalau menyebut bagian ini partition. Jumlah partition atau sekat di setiap knalpot berbeda. Tergantung mesin yang digunakan. Fungsi partition untuk memecah suara agar tidak terlalu bising. Kalau knalpot standar yang dibobok itu partition-nya yang dibuang. Makanya, suara jadi lebih nyaring dan plong,” ucap Pria yang kebagian memasarkan produk knalpot racing.

Selain part tadi, ada juga bagian yang bernama glasswool. Part ini seperti serabut yang juga berfungsi untuk memperhalus suara. Biasanya, dipasang di bagian sisi dalam silencer.

  1. Chamber Knalpot Motor

Chamber knalpot ini hanya bisa digunakan pada sepeda motor 2 tak, karena motor 2 tak tidak memiliki valve atau katup seperti pada sepeda motor 4 tak.

Selanjutnya kita Mengenal Bagian Knalpot Motor 2-tak, Kok Bagian Tengahnya Menggembung Ya? Selain sebagai saluran gas buang, fungsi lain knalpot untuk meredam suara ledakan pada ruang bakar.

Knalpot terdiri dari beberapa bagian dan setiap bagian memiliki fungsinya masing-masing.

Nah,  kali ini akan menjelaskan bagian-bagian knalpot pada motor bermesin 2-tak.

Pertama di knalpot motor 2-tak, ada header atau leher knalpot, penghubung dari ujung lubang silinder pembuangan hingga tengah.

“Header atau leher knalpot ini tersambung langsung dengan mesin, fungsinya ya sebagai penghubung sistem knalpot,”

Kedua, ada chamber atau perut knalpot yang menjadi ciri khas bentuk knalpot 2-tak. Bagian ini menggembung. Apa sih fungsinya?

“Chamber atau perut knalpot yang berbentuk menggembung itu fungsinya buat pemantul gas buang dari mesin agar mendapatkan tenaga, makanya ukurannya menentukan tenaga mesin” ujar Tommy yang mantan pembalap ini.

Penjelasannya, gas buang dari chamber yang menuju silincer knalpot 2-tak yang kecil, akan sedikit tertahan dan menimbulkan tendangan balik.

Cara Kerja Knapot Motor

Sistem kerja yang terjadi pada knalpot dimana pembakaran yang terjadi pada mesin akan menghasilkan gas pembuangan yang akan dilanjutkan di dalam knalpot serta pada bagian akhirnya akan dilepaskan ke udara yang berbentuk  seperti asap. Sistem kerja yang pertama kali terjadi pada knalpot ini adalah pada bagian exhaust manifold atau header.

Untuk sobat semua yang memiliki kendaraan motor, sebaiknya sering memperhatikan bagian ini ya sobat agar jangan sampai terjadi kebocoran. Apabila terjadi kebocoran pada bagian ini, maka akan berpengaruh pada kinerja knalpot motor anda. Pada umumnya kebocoran terjadi pada bagian packing. Bagian packing inilah yang menjadi tolak ukur terhadap komponen – komponen yang lain yang bekerja pada bagian knalpot tersebut. komponen busi motor juga sangat berpengaruh bagaimana knalpot bisa berjalan dengan baik.

kami melayani Request segala jenis Knalpot custom Semua Jenis Motor  Clasik/Racing/Seport/Moge Katagori  100cc,150cc, 250cc dan 1000cc keatas Model dan Suara sesuai permintaan pelanggan. Pembelian mudah, Pelayanan cepat, kualitas Produk Best Qualitiy, Harga Hemat,  Aman terpercaya.

» Mengutamakan Kualitas dengan Harga Hemat, Berani Memberikan Garansi 100% Uang Kembali Jika tidak sesuai Pesanan«

» Melayani Pembayaran Secara COD ( Cash On Delivery ) Membayar Setelah Barang Sampai Tempat 100% Aman« Segera hubungi Admin Lapakknalpot.com

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.